Kelana

Visiting national treasure “Inuyama Castle”

124 Views
Biksu di sekitar Inuyama yang sedang melakukan ritual

Akses menuju Inuyama Castle

Jepang sangatlah kental dengan mempertahankan budaya dan sejarah di negara tersebut. Salah satu dari sejarah dan budaya yang sangat tertata dengan baik yaitu Inuyama castle yang merupakan salah satu dari lima nasional treasure di Jepang. Cara akses menuju tempat sejarah ini sekitar 45 menit jalan kaki dari statsiun Inuyama. Selama perjalanan saat jalan kaki, kamu tidak perlu khawatir dengan kondisi jalannya. Karena kamu bisa menikmati pemandangan kota Inuyama yang tidak terlalu ramai, sehingga bisa menikmati jalan kaki di jalan tanpa adanya gangguan. Disekitar Inuyama castle, banyak sekali tempat- tempat makanan seperti street food, toko suvenir, makanan berat, minuman alkohol dan masih banyak lagi dan harganya pun sangat bervariasi dari yang paling murah sampai dengan yang paling mahal.

Food street di sekitar inuyama castle

Food street di sekitar inuyama castle

Salah satu jajanan yang saya cobain adalah salah satunya foto di atas. Nama makanannya lupa tapi pembuatannya dari beras terus ada rasa kacang. cara memasakanya dibakar dan rasanya pasti enak karena didukung harganya juga murah sekitar 100 yen hehe.. Selain itu, saya juga cobain es cream rasa tofu atau tahu dan green tea. Harganya dari dua jenis es cream ini sekitar 300 sampai 400 yen. Walaupun Jepang terkenal dengan harga yang mahal-mahal tapi kamu masih bisa menemukan jajanan yang murah meriah ko.

Selain banyaknya jajanan di jalan menuju inuyama castle, kalau kamu lagi beruntung kamu bisa melihat ritual biksu dijalan seperti foto di bawah ini.

Biksu di sekitar Inuyama yang sedang melakukan ritual

Biksu di sekitar Inuyama yang sedang melakukan ritual

Inuyama castle

Pertama kali sampai, saya langsung memasuki gerbang yang berwarna abu-abu. Dibagian kiri dari gerbang abu-abu ini, kita akan disuguhkan area untuk cuci tangan dan meminum air tersebut. Untuk mencuci tangannya pun ada tata caranya yang telah disediakan petunjuknya. Tujuan dari mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki castle ini sebagai simbol bahwa kita harus dalam keadaan bersih atau suci sebelum memasuki castle ini.

 

Gerbang menuju Inuyama castle

Gerbang menuju Inuyama castle

 

Tempat cuci tangan sebelum memasuki Inuyama castle dan airnya bisa diminum

Tempat cuci tangan sebelum memasuki Inuyama castle dan airnya bisa diminum

Setelah mencuci tangan, langsunglah kita menaiki beberpa puluh anak tangga menuju castle. Dan saat itu, saya sedang beruntung karena sebelum memasuki loket tiket castle saya bisa melihat traditional wedding orang Jepang. Tetapi saya tidak bisa mengambil gambar traditional wedding tersebut karena hal tersebut acara pribadi yang tidak layak untuk didokumentasikan oleh orang lain tanpa meminta izin terlebih dahulu ke keluarga yang bersangkutan. Tidak berlama-lama setelah melihat tradisonal wedding tersebut saya langsung pergi ke loket tiket Inuyama castle dengan membayar 550 yen. Setelah membayarnya maka dapatlah tiket dan brosur informasi mengenai sejarah Inuyama castle.

Tiket masuk Inuyama castle

Tiket masuk memasuki Inuyama castle

Dibalik tiket masuk Inuyama castle dengan stamp

Dibalik tiket masuk Inuyama castle dengan stamp

Setelah mendapatkan tiket maka saya langsung menuju Castle tetapi sebagai memasuki castle, tidak apdol kalo tiketnya tidak dikasih stampel cap castle inuyama. Dan salah satu kebiasaan orang Jepang itu mengumpulkan setiap stampel seperti foto di atas dan biasanya mengumpulkan tulisan yang khas di setiap tempat di buku khusus sebagai tanda bahwa kita telah mengunjungi tempat tersebut. Sebelum masuk ke dalam castle, pengunjung diwajibkan untuk melepaskan alas kaki dan terdapat peringatan bahwa pengunjung dilarang memfoto bagian dalam castle. Jadi pengunjung bisa menikmati suasana di dalam castle tanpa harus memfoto.

 

Inuyama castle

Inuyama castle

Inuyama castle dibangun pada tahun 1537 oleh Oda Yojirou Nobuyasu, paman dari Oda Nobunaga (salah satu pejuang terhebat di Jepang yang berusaha untuk menyatukan negara ketika dalam suatu pertikaian). Inuyama castle merupakan castle yang paling tua di Jepang. Luas dari Castle ini sekitar 698.775 m2 dan di castle ini terdapat menara pengawalnya. Inuyama castle memiliki 4 lantai. Lantai pertama disebut dengan “Nando-no-ma” atau ruang penyimpanan dengan luas 282.752 m2. Lantai kedua disebut dengan “Bugu-no-ma” atau tempat gudang senjata yang memiliki luas 246.006 m2.¬†area tengah adalah gudang senjata dan rak penyimpanan dipasang di sepanjang setiap dinding kecuali yang menghadap ke selatan. Lantai ketiga disebut dengan “Hafu-no-ma” atau gable chamber yang memiliki luas 81.936 m2.¬† Dan lantai terakhir adalah lantai keempat “Koran-no-ma” atau ruang balkon dengan luas 49.835 m2. Dari area balkon ini kita bisa melihat pemandangan disekitar Inuyama castle seperti foto di bawah ini.

Me and the sight on the top of the castle

Me and the sight on the top of the castle

sight on the top of the castle shows the huge river which is i dont know the name of this river

sight on the top of the castle shows the huge river which is i don’t know the name of this river

This is my story about Inuyama castle and hoping, you’ll get some information from this blog and see you on the next story……

Let’s visit more stories in here

You Might Also Like

2 Comments

  • Reply
    Justin Larissa
    July 25, 2019 at 12:50 pm

    Es krim rasa tofu? Gimana rasanya aaaak kok pas ke Jepang aku gak nemu hal ajaib ini wkwkwk. Wah ini castle yang kalau di Google fotonya pas banyak sakura terus yah, pemandangan dari atasnya baguuuss!

    • Reply
      Rismayanti
      July 29, 2019 at 10:03 am

      Rasa dan baunya tofu banget tapi rasanya ga kalah enak ko sama yang rasa green tea.
      Iya, kebanyakan foto di google ada sakuranya tapi kemaren kesananya lagi summer jadi ga bisa liat sakuranya.

    Leave a Reply