Artikel

Tips Mengurangi Efek Kafein di Dalam Tubuh

165 Views
Salah satu kafein yang dapat membantu begadang (https://mediskus.com)

Pernah ga sih kamu ngalamin pengen tidur tapi ga bisa tidur gara-gara efek minum kopi? Yes, hari ini saya ngalamin hal itu. Udah nyoba meremin mata, lampu dimatiin tapi tetep aja ga bisa tidur karna minum kopi di sore hari.

Di pagi hari pukul 2.43 yang sunyi karena orang-orang lagi terlelap tidur, saya browsing gimana sih cara ngilangin atau seengganya mengurangi efek kafein dan akhirnya saya dapet artikel di internet.  Yuk kita simak…

kafein merupakan stimulan sistem syaraf populer yang biasanya digunakan untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan. Berdasarkan pada klinik mayo, kafein dengan berat 500 miligram atau lebih per hari dapat mengakibatkan efek negatif seperti insomia, gugup, gelisah, cepat marah, mual, detak jantung yang tidak teratur, sakit kepala, dan tremor otot.

Berikut beberapa tips untuk mengurangi efek dari kafein bagi kamu yang merasa tidak nyaman dengan efek tersebut.

Tahap 1

Minum air putih (Thinkstock)

Minum air putih (Thinkstock)

Minumlah air putih paling sedikit sekitar 32 ons (sekitar 1 liter) untuk menolong tubuh kamu supaya mengeluarkan zat kafein. minumlah semua air dalam jangka waktu 5-10 menit untuk mulai menghidrasi kembali tubuh dan memulihkan mineral yang mungkin telah habis oleh kafein.

Tahap 2

Vitamin C ( shutterstock)

Vitamin C ( shutterstock)

Makanlah satu hingga tiga porsi buah yang kaya vitamin C untuk membantu memulihkan mineral yang dihisap kafein. Dalam sebuah artikel ilmiah “The American Journal of Clinical Nutrition” kafein mengubah kadar plasma, darah yang diatur oleh vitamin C yang mengakibatkan kekurangan vitamin jika mengkonsumsi kafein secara berlebihan. Oleh karena itu disarankan untuk menkonsumsi buah seperti apel, pisang, dan jeruk untuk membantu mengurangi efek kafein.

Tahap 3

meditation (kite_rin/Adobe Stock)

meditation (kite_rin/Adobe Stock)

Memperbaiki rasa cemas, gelisah dan efek emosional yang diakibatkan oleh kafein dengan meluangkan waktu untuk bersantai. Luangkanlah waktu sekitar 15-60 menit dan pilihlah tempat yang tenang sehingga kamu merasa nyaman. Tutuplah mata dan fokuslah pada pernafasan dan biarkan denyut nadi melambat mengikuti irama nafas. Kemudian berikan satu tetes minyak esensial lavender di atas bibir atau di bawah hidung supaya aromanya mudah tercium, sehingga aroma tersebut akan memberikan sifat menenankan.

Tahap 4

Makanan sehat (www.sbs.com.au)

Makanan sehat (www.sbs.com.au)

Makan makanan yang sehat untuk membantu perut dan sistem pencernaan menyerap dan memecahkan kafein. Makanan sehat tersebut seperti biji-bijian dan sayur-sayuran.

Gimana tipsnya? kalo masih ada yang kurang atau kurang tepat tipsnya kalian bisa kasih komentar ya :). So, buat kamu yang ga bisa tidur karena kefein, let’s try those tips! hoping it’s work. Good Luck!!

 

You Might Also Like

Leave a Comment

Leave a Reply