Kelana

Pasar Ekstrim Di Indonesia

325 Views

Pasar di Indonesia

Pasar ekstrim– Pasar merupakan nama tempat yang memang sudah tidak asing lagi bagi semua orang khususnya kalangan ibu-ibu. Semua kebutuhan bahan makanan tersedia di pasar seperti sayuran dan kebutuhan pokok lainnya. Sehingga sudah tidak asing lagi jika pasar selalu banyak dikunjungi oleh masyarakat.

Tapi apakah kamu pernah melihat pasar tradisional yang menjual  daging diluar biasanya? Sehingga membuat kesan pertama saya, saat mendatangi tempat ini adalah merasakan sensasi mual dan ingin menetekan air mata. Di Indonesia khususnya di daerah Tomohon Manado, Sulawesi Utara terdapat sebuah pasar tradisional yang dinamakan PASAR EKSTRIM. Apakah itu?

Pasar Ekstrim

Sesuai dengan namanya, pasar ini menjual daging yang luar biasa ekstrim. Karena pada umumnya di pasar terdapat pedagang yang menjual daging ayam, sapi, kambing. Berbeda di pasar ekstrim ini, pedagang menjual daging ular phyton, daging kucing, daging anjing, kelelawar, tikus dan lain-lain. Selain itu juga saya pernah mendengar bahwa terdapat pedagang yang menjual daging jenis primata yang dilindungi pemerintah yaitu jenis spesies Macaca nigra. Tetapi saat saya kesana saya tidak melihat penjual tersebut karena menurut beberapa orang, penjual daging macaca nigra atau dikenal dengan sebutan yaki  hanya berjualan  pada hari tertentu saja.

Keunikan pasar ekstrim telah menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata bagi wisatawan lokal bahkan international jika mereka sedang mengunjungi kota Manado. Tempat ini memang sangat mudah untuk diakses dengan kondisi jalan yang sudah bagus tetapi kekurangannya adalah kondisi pasar yang kurang bersih.

Ular phyton di pasar ekstrim Tomohon

Bagi pencinta hewan, tempat ini merupakan tempat yang terlihat kejam dan mengerikan khususnya menurut saya sendiri. Terlihat kejam karena biasanya orang menyayangi binatang peliharaan khususnya kucing dan anjing tetapi disini mereka menjual belikan daging hewan tersebut. Selain itu, secara langsung saya melihat proses bagaimana seekor anjing dari dalam kandang kemudian dipukul kepalanya sampai lemas dengan besi, kemudian dibakar langsung hidup-hidup dalam kondisi lemas. Kemudian terlihat mengerikan karena makan-makanan seperti daging monyet, anjing, tikus, kucing terlihat sangat beresiko terhadap kesehatan tubuh kita.

Saran

Sebagai konsumen, kita perlu mempertimbangkan apakah yang kita konsumsi itu lebih banyak manfaatnya atau rugikan untuk kesehatan tubuh bahkan untuk lingkungan. Mungkin kita sering mendengar suatu mitos tentang khasiat mengkonsumi makanan yang unik tetapi apakah itu benar secara ilmiah? Maka seorang konsumenpun ditantang untuk lebih teliti dan tidak mudah terayu dengan penjual.

Seekor anjing yang sedang dibakar

Tikus bakar (Foto diambil oleh Laura Martinez Inigo)

You Might Also Like

Leave a Comment

Leave a Reply