Cerita

Buku “Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat”

104 Views

Beberapa hari sampai beberapa minggu ini saya sedang mengisi waktu kosong saya dengan membaca buku “Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat”. Buku ini merupakan buku terjemahan dari judul aslinya adalah “The Subtle Art of Not Giving a Fuck” yang ditulis oleh Mark Manson. Buku ini termasuk buku best seller versi New York Times dan Globe and Mail. Selain laris di luar negeri, buku ini juga laris di toko buku online di Indonesia karena sering kali banyak pembeli yang memesan tetapi stock bukunya sudah habis.

Seperti beberapa buku terjemahan lainnya pada saat pertama kali membaca buku ini, terkadang saya tidak paham maksud dari bacaan tersebut. Tetapi setelah saya mencoba terus membacanya, saya baru memahami isi buku tersebut. Karena lama kelamaan mulai terbawa dengan buku Mark ini saya mendapatkan banyak banget nasihat di saat kehidupan penuh drama dan buku ini recommended banget buat kamu yang sedang membutuhkan motivasi dalam kehidupan drama. Selain itu, buku ini terdapat beberapa contoh kehidupan sehari-hari si pengarang dengan beberapa teman dan kerabat. So, mungkin ada beberapa kemiripan cerita tersebut dengan kehidupan kita sendiri.

Beberapa hal yang saya dapatkan dari buku ini adalah bagaimana caranya supaya kita bisa mengontrol emosi tanpa dipengaruhi oleh orang lain. Mungkin kita bisa mendengarkan orang lain tetapi sebatas hal tersebut bermanfaat untuk diri kita sendiri tetapi kalau hal tersebut membuat kita terpuruk ya buat apa? Lebih baik kita mencari dan melakukan hal-hal yang terbaik untuk diri kita.

Nasihat lainnya yaitu ketika dalam sebuah drama kehidupan kita sering kali merasakan dua hal. Pertama kita sebagai korban dan kedua kita menyalahkan diri kita dalam drama tersebut. Disini Mark mengajarkan kita untuk tidak menjadi dua hal tersebut dan mengajarkan untuk menerima kehidupan drama yang melatih kita untuk tidak lemah. Dan sesuatu yang terjadi pada diri kita itu pasti ada makna yang tidak akan sia-sia…. Tetapi pada saat itu kita memang tidak tau maknanya apa, karna kalau kita sudah tau, ya itu bukanlah sebuah kehidupan yang penuh teka teki dan kehidupan akan datar atau tidak bermakna.

And still many more of advice in this book……….

You Might Also Like

Leave a Comment

Leave a Reply