Kelana

Bukit Kasih Sebagai Simbol Toleransi Agama

298 Views

Toleransi agama

Indonesia terkenal dengan negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman budaya. Salah satunya adalah keanekaragaman kepercayaan agama yaitu terdapat agama islam, protestan, katolik, buddha, kong hu cu dan hindu. Oleh karena itu terdapat sebuah tempat yang terkenal dengan toleransi agama yang dikenal dengan nama “bukit kasih atau bukit doa”. Tempat ini dijadikan suatu tempat wisata bagi warga Indonesia maupun warga Internasional.

Gapura selamat datang dengan tangga menuju ke atas bukit. (taken by Laura MI)

Bukit kasih

Bukit kasih bertempat di Desa Kanonang, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Perkiraan jarak dari kota Manado ke tempak ini yaitu sekitar 50 km. Ketika melakukan perjalanan kamu akan menikmati suasana pedesaan pegunungan dengan hamparan hijau tanaman pertanian kerena tempat ini merupakan bagian dari kaki gunung soputan.

Tahukah kamu kenapa nama tempat tersebut disebut bukit kasih? Ya, selain terkenal dengan toleransi agama, terdapat hal unik lain yaitu terdapat 5 tempat peribadatan yang saling berdampingan dalam satu bukit yaitu terdapat masjid, gereja untuk protestan, geraja untuk katolik, wihara, dan pura. 5 tempat peribadahan ini terdapat diatas bukit dan harus menaiki sekitar 2000 an anak tangga. Selain itu di bawah bukit terdapat satu tugu yang tingginya sekitar 20 meter dengan beberapa kalimat nasihat dari 5 agama tersebut. Isi dari nasihatnya yaitu mengajarkan tentang kasih sayang dan perdamaian bagi setiap manusia.

Petuah perdamaian setiap agama

Kalimat petuah dari agama islam yaitu dari surat (Al-maidah:2): “Dan tolong menolonglah kamu dalam megerjakan kebaikan dan takwa dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan”. dan kalimat petuah dari al-hadist: Tidaklah aku mengutusmu (Muhammad) kecuali untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Kalimat petuah dari agama buddha. kalimat pertama yaitu NAMO TASSA BHAGAVATO ARAHATO SAMMASAM BUDDHASSA (Terpuji sang bhagava yang maha suci yang telah mencapai penerangan sempurna). Kedua dari Dhammapada XIV 183: Tidak melakukan segala benuk kejahatan, senantiasa mengembangkan kebajikan dan membersihkan pikiran. inilah ajaran para buddha

Kalimat petuah dari agama hindu. Weda Swa V.46: Ia yang tidak pernah menyebabkan penderitaan bahkan menyusahkan keselamatan bagi semua mahluk, ia mendapatkan kebahagian tanpa akhir.

Kalimat petuah dari agama kristen (Maaf saya tidak tahu apakah termasuk kristen protestan atau katolik). Dari salib yesus bersabda: inilah ibumu..(Yoh. 19:27). Tinggallah dalam kasihku (Yoh. 15:9)

Kalimat petuah dari agama kristen (Maaf, saya tidak tahu protestan atau katolik). Kasihilah tuhan allah dengan segenap hati jiwa dan akal budimu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri (Matius 22:37:39)

Toar dan Lumimu’ut

Selain pemandangan unik dari rumah ibadah, terdapat pula dinding bukit yang terdapat ukiran wajah perempuan dan laki-laki yag dinamakan Toar dan Lumimu’ut. kedua ukiran wajah tersebut dianggap sebagai nenek moyang dari orang minahasa. Terdapat cerita lain juga mengenai pembangunan bukit kasih ini. Menurut sebuah sumber mengatakan bahwa pembangunan tempat ini bertujuan untuk menandingi kepercayaan animisme dengan adanya pahatan kedua wajah Toar dan Lumimu’ut.

Ukiran wajah di dinding bukit kasih atau bukit doa yang bernamakan wajah Toar dan Lumimu’ut

Pemandangan alam di bukit kasih

Kentalnya wisata religi dengan tingginya toleransi didukung dengan pemandangan alam yang indah. Pemandangan yang disajikan yaitu pemandangan hamparan suatu pedesaan dari atas bukit dan terdapat pula tempat perendaman kaki dengan air hangat. Satu hal yang perlu anda siapkan untuk memasuki tempat ini yaitu harus menyiapkan masker karena terdapat bau belerang yang menyengat dikarenakan kondisi pegunungan tersebut masih aktif. Selain itu, ketika saya mengunjungi tempat ini kekurangannya adalah kondisi jalan menuju ke atas bukit kurang nyaman karena terdapat beberapa jalan yang sudah rusak sehingga untuk menuju ke atas harus lebih hati-hati.

Beberapa bangun tempat peribadahan dari 5 agama yang bekumpul di atas bukit kasih atau bukit doa

Pemandangan dari bawah bukit kasih

Pemandangan dari atas bukit kasih atau bukit doa

You Might Also Like

3 Comments

  • Reply
    Amanda r
    November 10, 2018 at 1:37 pm

    Pada dasarnya semua agama mengajarkan kebaikan, nggak ada kan yg mengajarkn keburukan, emang pada dasarnya aja manusia yg nggak ngerti aturan Tuhan, berbuat semaunya, berbuat onar..

  • Reply
    Perontok Bulu Ko Kaya Gini? - Pena Merah
    May 17, 2019 at 8:08 am

    […] Nah gimana nih setelah baca pengalaman saya menggunakan produk ini? jangan lupa baca artikel pengalaman saya di blog ini ya […]

  • Reply
    Visiting national treasure "Inuyama Castle" - Pena Merah
    July 13, 2019 at 3:14 pm

    […] Let’s visit more stories in here […]

  • Leave a Reply