Artikel

7 Tips Tetap Terjaga Pada Saat Begadang

251 Views
Salah satu kafein yang dapat membantu begadang (https://mediskus.com)

Kita tidak dapat menghindari ketika terdapat banyak deadline dan harus tetap bekerja atau belajar pada malam hari. Sehingga , kebiasaan tidur dimalam hari akan terganggu. Pola tidur manusia mengikuti ritme alami circadian. Sistem ritme ini diibaratkan sebagai jam internal yang mempengaruhi cara anda berfikir, merasa, dan berperilaku sepanjang hari. Ritme dari circadian didasarkan pada terang atau gelap suatu lingkungan.

Ketika otak kamu menerima kegelapan diluar maka tubuh kamu akan memulai melepaskan sebuah hormon melatonin. hormon ini membuat kamu mengantuk dan bersiap untuk tidur. Untuk tetap terbangun pada malam hari berarti harus melawan proses alami yang tidak hanya sulit tetapi akan membuat tubuh anda mejadi tidak sehat.

Kekurangan tidur atau mengantuk dapat mempengaruhi kemampuan fokus anda dalam belajar ataupun bekerja. Jika anda diharuskan begadang sepanjang malam, maka terdapat beberapa tips untuk begadang dengan cara yang aman.

1. Kafein

Kafein sangat membantu anda ketika begadang dan meningkatkan kewaspadaan. Kafein juga membantu melawan salah satu zat alami yang dilepaskan tubuh untuk membuat kantuk.

Beberapa peneliti menemukan bahwa dosis dari kafein (600 mg) atau lebih dari 4 cangkir kopi dapat memperbaiki kemampuan berfikir dan mengerjakan tugas. tetapi dosis yang tinggi yaitu 900 mg akan mempunyai efek kebalikkannya. Dosis yang tinggi dapat mengakibatkan rasa kecemasan dan badan bergetar yang akan membuat anda susah berkonsentrasi.

Tetapi ketika Begadang pada malam hari jangan terlalu bergantungan pada dosis kafein yang tinggi. Terlalu banyak minum kopi akan mengakibatkan sakit perut. Sebagai penggantinya cobalah minum beberapa dosis kafein kecil sepanjang malam seperti minum espresso, pil kafein, atau permen karet yang berkafein.

Salah satu kafein yang dapat membantu begadang (https://mediskus.com)

Salah satu kafein yang dapat membantu begadang (https://mediskus.com)

2. Hindari minum minuman berenergi

Minuman berenergi mengandung variasi jumlah dari kafein dan satu minuman sama dengan lima cangkir kopi. Minuman energipun mengandung guarana yang merupakan sebuah bahan yang mengandung kafein yang membuat jumlah dosis kafein semakin tinggi.

Ketika meminum minuman berenergi lebih sulit untuk mengetahui berapa kadar kafein yang anda konsumsi, dan kadar kafein yang sangat tinggi dapat menjadi racun. Minuman tersebut sangatlah berbahaya apabila dicampur dengan obat-obatan atau alkohol.

Beberapa contoh minuman berenergi (https://swa.co.id)

Beberapa contoh minuman berenergi (https://swa.co.id)

3. Tidur Siang

Tidur siang dapat membantu anda ketika begadang. Meskipun tidur siang tidaklah sama dengan tidur penuh pada malam hari, tetapi setidaknya dapat dapat membantu agar tetap terjaga pada malam hari. Hal tersebut telah dibuktikan pada sebuah penelitian pada pekerja shift malam bahwa tidur siang mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan kinerja. Jika anda tidak sempat tidur siang maka luangkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit untuk tidur ketika sedang beristirahat bekerja pada malam hari.

Tidur siang dapat membantu anda untuk tetap terjaga pada malam hari (https://healthbeat.spectrumhealth.org).

Tidur siang dapat membantu anda untuk tetap terjaga pada malam hari (https://healthbeat.spectrumhealth.org).

4. Bekerja atau belajar dibawah cahaya terang

Kegelapan pada malam hari akan mengisaratkan tubuh anda untuk melepaskan hormon melatonin. hormon ini merupakan hormon yang membuat anda merasa mengantuk. Sebuah penelitian menemukan bahwa menggunakan cahaya terang di malam hari dan menciptakan kegelapan di siang hari dapat membantu pekerja shift malam mengatur ulang ritme sirkadian mereka.

Cahaya lampu yang menyebarkan cahaya secara luas di seluruh ruangan seperti lampu LED dapat mensimulasikan sinar matahari. Cara ini akan membantu Anda tetap terjaga lebih lama.

5. Alat Elektronik

Peralatan elektronik seperti laptop, tablet, TV, dan HP dapat memancarkan “sinar biru”. Berdasarkan National Sleep Foundation, sinar biru dari peralatan elekronik dapat memperlambat pelepasan hormon melatonin (hormon yang menyebabkan mengantuk). Sehingga hal ini akan membuat anda untuk tidak mengantuk.

Peralatan elektronik (http://www.seemous.com)

Peralatan elektronik (http://www.seemous.com)

6. Mandi

Mandi dengan air dingin atau air hangat dapat membantu anda untuk tetap terjaga ketika anda merasa lelah. Jika anda malas untuk mandi maka cuci muka dengan air dingin dapat membantu anda untuk lebih tejaga saat begadang. Sedangkan menggosok gigi dapat membuat anda lebih merasa segar.

Mandi atau cuci muka dapat membantu untuk mengurangi rasa kantuk anda (https://www.123rf.com)

Mandi atau cuci muka dapat membantu untuk mengurangi rasa kantuk anda (https://www.123rf.com)

7. Get up and move

Olahraga harian membantu Anda mempertahankan jadwal tidur yang sehat, tetapi para ahli menyarankan untuk menghindari olahraga di malam hari, jika Anda ingin tidur nyenyak di malam hari. Hal tersebut dikarenakan tubuh Anda menghasilkan banyak energi ketika Anda berolahraga, yang dapat membuat Anda tetap terjaga.

Jika Anda mencoba untuk begadang semalaman, cobalah 30 hingga 40 menit latihan aerobik. Jika Anda tidak ingin berolahraga, cobalah bangun dan bergerak. Berlari-lari kecil selama 10 menit, berjalan-jalan di luar, atau lakukan beberapa jumping jacks.

Berolahraga salah satu tips untuk membuat anda terjaga di malam hari (http://www.workoutplan.com)

Berolahraga salah satu tips untuk membuat anda terjaga di malam hari (http://www.workoutplan.com)

Sumber artikel: https://www.healthline.com

You Might Also Like

2 Comments

  • Reply
    ursula meta rosarini
    November 1, 2018 at 2:40 am

    Bener bgt ini mbak Risma, aku suka banget begadang sampe pagi, bukan buat lembur kerjaan atau tugas tapi buat nonton badminton hahaha. Meskipun sering begadan tp aku merasa tetap fit sepanjang hari walaupun pagi sampe sore hrs kerja, yg penting tiap istirahat aku pasti tidur siang 1 jam hahha, rutin olahraga juga hihi.

    • Reply
      Rismayanti
      November 6, 2018 at 4:07 am

      Iya betul banget mba walaupun kita sering begadang tapi kita harus tetap jaga kesehatan. Karena menjaga kesehatan adalah bagian dari ibadah haha…

    Leave a Reply