Monthly Archives

August 2018

Coretan

The Wind

167 Views

The wind bring me somewhere

Somewhere which i never know where i am

But I have a mind

I shouldn’t afraid

When  the wind bring me to somewhere far away

Because i can survive with my mind

I can find my world where i am

I can find the light that can help me to walk in the dark

Kelana

Perjalanan Wisata Cianjur Selatan

129 Views

Perjalanan wisata di Cianjur Selatan

Perjalanan wisata Cianjur Selatan. Apa yang anda pikirkan tentang perjalanan wiasata di kota Cianjur? Kebun bunga, kebun teh, suhu yang dingin. Mungkin sebagian orang akan berpikiran seperti itu karena sebelumnya saya seperti itu. Ternyata kota Cianjur itu sangat luas. Pada tahun 2015 yang lalu merupakan pengalaman pertama kalinya pergi ke daerah Cianjur Selatan dan ternyata jaraknya lumayan sangat jauh dari Cianjur kota.

Saya dan teman-teman berangkat menggunakkan kendaraan pribadi dari Cianjur kota sekitar pukul 12 siang dan sampai di salah satu kecamatan di Cianjur Selatan pukul 6 sore. Sedangkan untuk menggunakkan kendaraan umum pasti memakan waktu yang lebih lama dan terlalu banyak berhentinya.

Pengalaman saya menggunakkan transportasi umum dari terminal Cianjur kota (nama terminalnya hayam…. Saya lupa lebih lengkapnya) ke Cidaun menggunakan bis kecil (lebih terkenal dengan sebutan “elef”) kurang menyenangkan. Kenapa kurang menyenangkan? Alasannya karena penumpang seperti diajak balapan mobil dijalan dengan lebar kira-kira 5 meter, banyak kelokkan, dan diperjalanan banyak ditemukan jurang. Harga ongkos tranportasi umum yaitu kurang lebih Rp 100.000 (hampir sama dengan harga ongkos Jakarta-Ciamis).

Pantai Cianjur Selatan

Walaupun jaraknya jauh tapi banyak pengalaman dan pemandangannya yang tidak mengecewakan. Pemandangan di Cianjur sangatlah berbeda dengan Cianjur yang sebelumnya saya ketahui. Pada saat itu saya tinggal di Cianjur Selatan di kecamatan Cidaun. Disana ternyata udaranya sedkit panas dan lembab karena dekat dengan pantai.

Pantai Cianjur Selatan di Kecamatan Cidaun

Pantai pasir hitam dengan ombak yang lumayan besar membuat orang-orang tidak berani untuk berenang kecuali hanya bermain pasir di tepi pantainya. Selain itu, karena tidak terlalu banyak orang yang mengunjungi tempat ini kecuali orang lokal jadi tempatnya masih bersih dan sedikit adanya sampah plastik. Pantai yang paling terkenal di masyarakat Cianjur Selatan yaitu pantai Jayanti. Disana sudah tersedia warung-warung tenda kecil yang berjualan untuk wisatawan dan terdapat banyak kapal-kapal nelayan yang berjajar di dramaga sebagai tempat pemberhentian.

Saya pernah mendengar cerita dari masyarakat lokal kalau Canjur Selatan khususnya kecamatan Cidaun merupakan wilayah yang dekat dengan pulau Chrismas dari Australia. Sehingga ada beberapa kejadian warga asing yang secara illegal keluar masuk melalui pelabuhan pantai Jayanti.

Selain pantai yang dapat dijadikan wisata pada saat mengunjungi tempat ini. Kamu juga bisa menemukan pemandangan sawah dekat dengan tepi pantai. Pasti hal ini sangat unik, karena kamu sudah tahu bahwa tanaman padi membutuhkan air tawar atau kadar garamnya (salinitas) yang sangat rendah. Selain itu terdapat tanaman lainnya dekat dengan tepi pantai.

Sawah Ditepi Pantai

Cianjur selatan khususnya kecamatan yang saya tempati yaitu Cidaun merupakan wilayah perbatasan dengan Garut dan Bandung. Jaraknya pun lebih dekat kedua tempat ini dari pada Cianjur kota. Daerah perbatasan dengan Garut yaitu Pantai Ranca Buaya sedangkan dengan daerah Bandung yaitu Ciwidey.

Perjalanan saya di Cianjur tidak hanya di daerah Cidaun tetapi pergi kebeberapa desa lainnya. Ketika saya pergi keliling desa, saya masih melihat beberapa tempat yang susah untuk dikunjungi dengan jalan yang berbatu, berlumpur ketika musim hujan, tidak ada penerangan jalan, tidak ada pembatas bahwa jalan tersebut disebelahnya ada jurang. Salah satu hal yang membuat saya sedih ketika berkunjung ke tempat yang sulit dijangkau dengan kendaraan, yaitu ketika melihat orang yang sakit harus digotong oleh beberapa orang dengan menggunakan helaian kain dan alat bamboo untuk menempuh perjalanan beberapa kilometer ke jalan dimana ambulan sudah menunggu untuk mengantarkan pasien ke ke rumah sakit. Dan sepengetahuan informasi yang saya dapatkan bahwa kecamatan ini tidak mempunyai fasilitas umum rumah sakit dan hanya terdapat satu puskesmas.

 

Sekian cerita singkat perjalanan di Cianjur Selatan dari saya semoga dari yang sebelumnya belum tau jadi tahu ya…..

Risma in the beach

Coretan

Silent

124 Views

Silent when people suffering

Silent when people need help

Silent when people are messy

Does Silent is golden?

Please learning about golden to your hand

Because your hand will not let your teardrops

Kelana

Sejarah dan Pesona Gunung Anak Krakatau

220 Views

Apakah kamu pernah mengunjungi Gunung Anak Krakatau? kalau belum tempat ini menjadi tempat menarik untuk dikunjungi atau sebagai tempat penelitian. Tetapi kalian harus mengetahu dulu waktu yang tepat untuk berkunjung dan harus izin kepada pengelola cagar alam ini. Berikut adalah pengalaman saya ketika berada di Gunung Anak Krakatau

Sejarah Anak Krakatau

Sebelum 1883: Pembentukkan komplek gunung krakatau pada masa prasejarah diawali dengan adanya sebuah gunung api besar yang disebut Krakatau Besar dengan bentuk seperti kerucut. Pada ratusan ribu tahun lalu terjadi letusan dahsyat yang menghancurkan dan menenggelamkan lebih dari 2/3 bagian krakatau. Akibat letusan tersebut menyisakan 3 pulau kecil yaitu pulau Rakata, Panjang, dan Sertung. Pertumbuhan larva yang terjadi di dalam kaldera Rakata membentuk dua pulau vulkanik baru yaitu Danan dan Perbuatan.

Pada tanggal 27 Agustus 1883 terjadi letusan besar dan menghancurkan sekitar 60% tubuh Krakatau di bagian tengah sehingga terbentuk lubang kaldera dengan diameter kurang lebih 7 km dan menyisakan 3 pulau kecil yaitu Pulau Rakata, Pulau Sertung, dan Pulau Panjang. Kegiatan vulkanik di bawah permukaan laut terus berlangsung dan periode 1927-1929 muncul sebuah dinding kawah ke permukaan laut sebagai hasil erupsi. Pertumbuhan ini terus berlangsung membentuk pulau yang disebut Anak Krakatau.

History of Anak Krakatau Mountain

Krakatau mountain-range was formed during the prehistory era from a cone shaped mountain called Krakatau Besar mountain. Hundred thousand years ago, there was a terrible eruption which destroy and formed more than the 2/3 parts of the whole Krakatau island. Therefore, this eruption left 3 small islands named Rakata island, Panjang island, and Sertung island. Due to the increase of the lava inside the caldera of the Rakata, 2 more new volcanic islands were formed Danan and Perbuatan.

Afterward, on the 27 of August 1883, there was an eruption in the Krakatau in the Krakatau vulcano. This eruption destroyed 60% of central area of the island and formed a caldera of approximately 7 km and left 3 islands: Rakata, Sertung, and Panjang islands. The volcano activity continued permanently underneath the sea and in the period 1927-1929 as a consequence of an eruption, a new crater emerged from the sea. This formed a new island called Anak Krakatau.

Gunung Anak Krakatau Tahun 2017

Perjalanan saya dengan teman-teman menuju anak Krakatau dimulai dari Dramaga Canti, Lampung. Perkiraan waktu menuju Anak Krakatau sekitar 4 jam an menggunakan perahu nelayan. Pertama kali kita  mendarat di anak Krakatau maka pemandangan yang pertama dilihat adalah seperti gundukan pasir hitam yang tinggi menjulang dan di bagian tertinggi atas pasir itu seperti ada asap putih. Bagian bawah kaki gunung terdapat beberapa vegetasi tanaman dan ada juga yang tidak terdapat vegetasi tanaman karena bagian yang tidak ada vegetasi merupakan bagian yang seperti bebatuan yang mengeras.

Setelah pertama kali menginjangkkan kaki di atas pasir hitam Anak Krakatau, kita langsung berhadapan dengan sebuah bangunan kayu yang bertulisan Lampung. Bangunan tersebut yang akan menjadi tempat tinggal untuk tidur selama 4 hari 3 malam. Tetapi tidak semua orang tidur di bangunan kayu tersebut. Sebagian orang membangun tenda dan ada juga yang membuat tempat bersantai dengan menggunakkan hammock diantara dua pohon.

Rumah kayu di Gunung Anak Krakatau

Fasilitas yang ada di pulau ini tidaklah seperti pulau-pulau yang berpenghuni.  Jadi kita belajar untuk menyesuaikan diri dilingkungan dengan keterbatasan berbagai fasilitas.

  1. Tidak ada signal
  2. Terdapat toilet sederhana tanpa jamban dengan 3 dinding yang tingginya kira-kira 170 cm dan tanpa atap. Jadi, kalau perlu BAB kamu harus menggali pasir sendiri
  3. Terdapat sumur air untuk mandi dan cara mengambil airnya menggunakkan katrol. Selain itu, seperti yang kalian ketahui kalau tempat ini merupakan sebuah kawasan gunung vulkanik yang dikelilingi pantai, jadi airnya pun asin dan hangat 24 jam tapi rasa asinnya tidak terlalu asin seperti air laut.

Keindahan Gunung Anak Krakatau

Kondisi flora dan fauna disana tidaklah sekaya di pulau-pulau lainnya. Disana saya hanya bisa melihat beberapa jenis hewan seperti biyawak, kupu-kupu, capung, kadal, cicak, burung. Karena saya disana belajar mengamati binatang herpet jadi saya dan teman-teman mencari hewan tersebut sampai ketempat puncak gunung anak Krakatau tapi daerah yang memang diizinkan untuk dinaiki. Yang membuat sangat terkesan dengan belajar pengamatan ini, ternyata kita masih bisa menemukkan cicak di daerah puncak anak Krakatau di bawah bebatuan padahal disana suhunya panas apalagi di siang hari (tempatnya ada di foto ke-1 dan 2 dari akhir).

Masalah pemandangan di Anak Krakatau jangan diragukan lagi karena berdasarkan pengalaman pribadi tempat ini merupakan tempat yang sangat berkesan. Ketika matahari belum terbit kamu bisa melihat sunrise di atas gunung anak Krakatau, kawah, pantai, melihat pulau-pulau kecil dari anak karatau, melihat pemandangan dari wilayah yang terdapat vegetasi, wilayah transisi dari vegetasi ke non-vegetasi, dan wilayah gunung yang memang tidak terdapat vegetasi tanaman.

Salah satu spot foto yang ada tulisan cagar alam krakatau

Batas puncak Anak Krakatau yang boleh dikunjungi

Me and Anak Krakatau

Coretan

Etiolase Life

128 Views

Time is running

But you feel nothing

Time is running

But you feel so weak

Your mind is empty

And the world doesn’t know you

That is your etiolase life

Life without a power

Artikel

10 Tips Cara Gaya Hidup Mengelola Stress

157 Views

Sepuluh Tips Cara Gaya Hidup Mengelola Stress – Stress adalah suatu pertahanan yang secara alami dilakukan oleh tubuh ketika sedang mengalami tekanan dan merasa terancam. hal tersebut akan memicu hormon yang ada dalam tubuh kita untuk menyiapkan suatu sistem untuk menghindar atau menghadapi suatu bahaya atau yang dikenal dengan fight or flight.

Ketika kita menghadapai suatu tantangan, salah satu bagian dari respon adalah fisik tubuh. karena tubuh akan mengaktifkan kemampuannya untuk melindungi badan kita dengan mempersiapkan untuk tetap tinggal dan berjuang atau melarikan diri secepat mungkin terhadap suatu masalah.

Jika kita mengalami suatu bahaya maka tubuh akan memproduksi senyawa kimia seperti kortisol, adrenalin, dan nonadrenalin. senyawa-senyawa tersebut akan memicu denyut jantung, kesiapan otot yang tinggi, berkeringat, dan kewaspadaan. Semua faktor-faktor ini meningkatkan kemampuan untuk menanggapi situasi yang berbahaya atau menantang.

mengelola stress

Sumber: www.theinnerhour.com

Semakin lama stress tidak diatasi maka banyak dampak negative yang akan mempengaruhi tubuh bahkan orang-orang disekitar kita. Untuk mengurangi dampak-dampak yang tidak diinginkan maka ada 10 tips pilihan gaya hidup untuk mengelola atau mencegah rasa stress yang berlebihan

10 tips pilihan gaya hidup untuk mengelola stress yang berlebihan

  1. Olahraga: Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa olahraga dapat memberikan manfaat untuk mental dan physical seseorang
  2. Mengurangi minuman alkolhol, obat-obatan, dan kafein: 3 jenis tersebut tidak akan menolong kamu untuk mengurangi stress tetapi akan mengakibatkan lebih parah. So, kurangin kebiasaan ini ya..
  3. Nutrisi makanan: keseimbangan makanan dengan hidangan buah-buahan dan sayuran akan membantu anda untuk mempertahankan sistem imun anda pada saat stress.
  4. Membuat prioritas: meluangkan sedikit waktu untuk mengatur daftar tugas kamu dan melihat apa yang paling penting yang harus lakukan. Kemudian fokus dengan apa yang harus anda selesaikan.
  5. Waktu: menyisihkan beberapa menit atau jam untuk kamu sendiri atau menggunakan waktu untuk mengatur hidup kamu seperti bersantai, dan mengejar minat kamu sendiri.
  6. Breathing dan relaxation: contohnya adalah bermeditasi, dipijat dan yoga. Teknik pernapasan dan rileksasi dapat memperlambat sistem dan membantu kamu untuk bersantai. selain itu juga teknik pernapasan meupakan bagian sentral dari meditasi kesadaran.
  7. Berbicara: berbicara ke keluarga, teman, teman kuliah, dan atasan atau dosen kamu tentang masalah dan kecemasan yang kamu alami. Cara tersebut akan menolong kamu untuk melepaskan atau mengurangi beban yang ada dipikiran. Setelah itu, kamu akan merasa lega atau setidaknya kamu telah mencurahkan isi pikiran kamu dan mendapatkan respon atau bahkan solusi dari teman kamu.
  8. Menyadari tanda-tanda stress: seseorang yang mengalami stress akan sangat khawatir dengan permasalahnnya yang menyebabkan mereka tidak memperhatikan efek pada tubuh mereka. Memperhatikan suatu gejala merupakan langkah pertama untuk mengambil tindakan. Bagi orang yang mengalami stress contohnya disebabkan oleh suatu pekerjaan yang terlalu berat mungkin kamu perlu berbicara kepada bos kamu apakah ada solusi seperti mengurangi pekerjaan kamu atau mengalihkan kamu pada kerjaan lain yang lebih ringan.
  9. Temukan cara untuk mengurangi perasaan stress kamu sendiri: Kebanyakan orang mempunyai sesuatu yang dapat mengurangi suatu tekanan atau yang dapat membuat kamu merasa santai contohnya seperti membaca buku, jalan-jalan, mendengarkan musik, atau menghabiskan waktu bersama teman-teman kamu atau dengan hewan peliharaan.
  10. Membangun jaringan pendukung: point ini mendorong orang untuk mengembangkan jaringan dukungan sosial misalnya berbicara dengan tetangga dan orang lain di komunitas lokal, bergabung dengan klub, amal, atau organisasi keagamaan. Kenapa point ini menjadi salah satu yang dapat mengendalikan stress? Karena berdasarkan pengalaman pribadi point ini akan memberikan suatu motivasi bahwa segala sesuatu itu ada solusinya dan suatu masalah yang datang bukan hanya kita saja tetapi orang lain juga bahkan mungkin ada beberapa orang yang mempunyai masalah lebih dari apa yang kita rasakan.

Sekian artikel mengenai tips-tips cara mengelola stress. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Terima kasih J

(Big thanks for Most of my reference https://www.medicalnewstoday.com)

Coretan

Should i stop?

169 Views

when i bring heavy things

I wanna stop for the moment

when i bring the things but it’s really heavy

I wanna stop and leave it

and also I don’t wanna take it anymore

But should I do that?

I want it but I can’t

because i should look at the things

the things which i should take it

the thing which i should bring it

the thing which i should have it

 

Cerita

The days before bachelor (part 1)

0 Views

Lulus sarjana memang sangat diidam-diadamkan apalagi kalo lagi proses nulis skripsi rasanya pengen cepet-cepet lulus biar bisa bebas dari bolak-balik revision tapi hikmahnya karena sering ngeprint hamper tiap hari bisa dikenal sama abang-abang print an, deg-degan ketemu dosen tapi hikmahnya sering-sering ketemu bisa sampe akrab sampe detik sekarang dan aku anggap mereka sebagai orang tua sendiri. Selain dua hal yang udah disebutin, ada lagi nih pertanyaan yang paling sensitive buat mahasiswa tingkat akhir yaitu pertanyaan kapan lulus? kapan sidang? Balik ke kata hikmahnya lagi nih, pertanyaan itu bisa dijadiin motivasi buat cepet-cepet lulus tapi kalo udah keseringan dang ga lulus lulus, kita bakal kebal sama pertanyaan itu dan akhirnya, bodo amat karena mereka yang nanya ga tau proses kita ngapain aja, tingkat kesusahan kita kaya apa.

Perkenalkan nama aku Risma jurusan biologi disalah satu perguruan tinggi negeri yang banyak meme singkatannya. Sewaktu kuliah S1 aku termasuk orang biasa-biasa aja jadi ga terlalu terkenal. Bukan g terlalu terkenal lagi sih tapi emang ga terkenal. Semasa S1 aku ngincer dan ngidam-idamin laki-laki yang berinisial F dari jurusan kehutanan yang dari pertama kali kuliah S1 sampai dengan lulus S1. Kenapa bisa kaya gitu? Karna pas pertama kali masuk kuliah kita sekelas selama satu tahun. Mulai dari sana aku sering kepo dan ngerasa seneng banget kalo ketemu tapi sayangnya aku Cuma bisa jadi secret admirenya aja.

Perjalanan secara singkat tentang proses skripsi aku awalnya berminat sama topik skripsi yang banyak ngelabnya kaya penelitian mikrobiologi atau tumbuhhan biar keliatan keren dan sedikit aga keliatan pinterlah. Itu adalah salah satu alasannya dangkal aku buat milih penelitian skripsi. Alasan yang lainnya yaitu karna sejak dari awal sering banget negelakuin studi lapang yang berbau dengan lapangan dan ngamatin tentang hewan. Pertama semester 3 atau 4 ada kegiatan yang namanya studi lapang dan topik aku kebagian topik pengamatan tentang hewan berdarah dingin sama hewan berdarah panas yang pengamatannya harus mulai dari subuh-subuh dan ngamatin lagi sore-sore sampai gelap gulita. Yang kedua adalah praktek lapang di semester 6 ke semester 7. Awalnya aku udah niat banget pengen dapet topik yang bisa ngelab-ngelabnya di praktek lapang (PL) ini yaitu tentang tumbuhan atau mikrob. Nah semenjak itu aku sama temen nyari-nyari tempat bwt PL mulai ke puncak di perusahaan kebun teh, budidaya anggrek, taman bunga di cianjur, sampai dengan perkebunan karet yang ada di Bandung yang super jauhnya minta ampun. Pencarian kemana-mana udah dilakuin tapi belum srek semua. Alasannya aku lupa apa aja tapi salah satunya karna kita bingung kita harus nyewa kamar kos dimana. Ah satu lagi, yang bikin kita ga srek karena kita ngerasa takut buat PL disana khususnya yang dibandung karena ada cowo yang ga jelas suka ngegodain sampe dia ngrim sms segala gara-gara pas mau masuk ke kebuk karet dan disana harus nyatet buku tamu. Disanalah awal mula sering dapet sms yang ga jelas ala artis yang punya penggemar.

Oke, kayanya udah mulai nyerah dengan nyari-nyari tempat buat praktek lapang. Terus, Ada temen aku yang berbeda nyari tempat PL di kebun binatang dan entah kenapa prosesnya gampang banget, fasilitasnya memuaskan dan bikin srek buat ngelakuin praktek lapang disana. Akhirnya gw PL dikebun binatang dengan topik pengamatannya tentang kangguru selama satu bulan. Kerjaan gw disana mulai dari jam 7 sampai jam 5 sore ngebersihin kandang kanggruru, ngasih makan, ngamatin perilaku mereka. Awalnya sih besemangat banget ngamatin perilakunya tapi lama-lama karena udah tau perilakunya kaya gimana jadi aga bosen apalagi kalau kanggurunya udah mulai tidur aku pun pengen tidur juga apalagi selama PL cuacanya selalu dingin karena emang tempatnya di puncak. Buat ngilangin bosen aku selalu mampir ke tempat-tempat hewan lainnya yang kira-kira aman kalau pergi.

Setelah selesai praktek lapang dengan banyak pengalaman (haha so banget but it’s ok to make I am happy) dan temen-temen baru yang asik. Akhirnya tahap tiba saatnya harus melanjutkan perjalanan buat mutusin topik penelitian skripsi. Saat itu, tekad aku masih sama pengen dapet topik tentang tumbuhan atau mikrobiologi yang bisa ngelab. Karna belum ada ide siapa pembimbingnya, akhirnya aku dateng ke salah satu dosen tumbuhan yang emang sebelumnya adalah pembimbing praktek lapang. Setelah ketemu sama beliau, langsung bilang “Ibu saya ingin penelitan skripsi bersama ibu, kira-kira ibu ada topik tidak?” ga lama setelah ngajuin pertanyaan dan ibunyapun belum ngejawab apa-apa, tiba-tiba ada dosen bidang hewan dateng keruangan dan tegur sapa dulu sama sama dosen tumbuhannya. Terus dosen tumbuhan yang namanya Ibu Titi dan dosen hewan yang namanya bu Riri diskusi, aku lupa mereka diskusi apa yang tau saat itu mereka itu bak kaya soulmate karena mereka satu ruangan kerja. Saat itu aku cuma diem dan nyimak apa yang mereka diskusiin, ya walaupun itu adalah urusan lain yang ga ada sangkut pautnya dengan apa yang aku tanyain sebelumnya. Istilahnya saat itu adalah serasa obat nyamuk. Setelah mereka selesai berdiskusi, bu Riri langsung ngeliatin aku yang lagi bengong karna ga paham mereka ngomong apa dan bilang “Oh ada yang lagi konsultasi ya?” dan bu Titi pun langsung bilang “iya, dia lagi konsultasi untuk penelitian skripsinya”. Dengan ekspresi yang seperti kestrum karena kaya menarik perhatian bu Riri, beliau pun langsung  tanya “Tentang apa bu Titi?”. Dengan jujurnya bu Titi merespon “belum nentuin judul bu, masih nyari ide”. Secara spontan sinyal ide pun mucul tanpa harus melalui otak, Ibu Riri langsung ngasih ide “Oh ya udah tentang trigona saja kebetulan saya ada topik menarik sekali”. Disaat mereka kembali berdiskusipun aku pun hening diem karna masih bingung mau penelitan apa dan nunggu ada yang tanya tentang. Finally, topik penelitiannya adalah perpaduan tumbuhan dan hewan jadi aku bisa ngerasain setengah ngelab dan setengahnya dilapangan.

Kegiatan aku saat penelitian yaitu pagi-pagi harus mulai penelitian sekitar jam 6 pagi di salah satu arboretum di kampus buat nangkep lebah yang ukurannya kurang dari 1 cm. Jalan sendirian dengan dandanan seadanya karena masih pagi-pagi banget dan masih ngantuk, bawa perabotan lapangan dan salah satunya bawa alat tangkep ikan. Mungkin dari kejauhan orang-orang bakal mikir tu orang ngapain sendirian di arboretum landscapes sendirian dan kaya anak kecil bawa jarring ikan. Tapi saat itu ga kepikiran hal begituan. Setelah jam 11 siang nangkep lebah udah selesai dan buru-buru pergi ke kossan buat mandi dan solat. Jam 1 siang harus berangkat lagi ke kampus buat ngelab biasanya sampe magrib atau kadang kalau sampel lapangannya banyak dan lagi semangat-semangatnya bisa nyampe jam 9 malem.

Proses pengambilan data dilapanganpun ga selalu berjalan mulus, mulai dari lebah yang dipelihara mati, sampel yang diambil jelek dan masalah yang paling besar adalah tamanan yang dipake buat penelitan di babad abis sampai rata dan hanya keliatan tanahnya doang. Masalah besar dalam penelitanpun bikin nangis beberapa hari dan takut disuruh ngulang dari awal lagi sama pembimbing. Tapi temen-temen aku selalu nyemangatin dan nasehatin kalau itu adalah hal yang biasa kalo pas penelitian. Akhirnya dengan memberanikan diri, aku ketemu sama dosen pembimbing pertama dan bilang kalau objek penelitian tanamannya ada yang ngebabad. Dengan sangat bijaksana dan aku bersyukur banget mempunyai pembimbing yang super super perhatian dan sangat membantu dan sangat memotivasi. Akhirnya pembimbing ngasih saran dan solusi. Dan selanjutnya aku disaranin buat ngerapihin data yang ada dan nulis draft buat SEMINAR PENELITIAN SKRIPSI!! YEAYYY (To be continue….)

 

 

The point of this story is:

  1. We must do the best for everything even if we don’t know what happen in the next future because god always give something best for us without we know
  2. Something that we want is not always good for us but something that we don’t want it is not always bad for us

Is there Any point from this story? Let me know please…….. J

 

Coretan

Dear Driver

151 Views

We are walker which has bad experiences with you

Dear drivers…….

please give us a way to walk

Dear drivers…

Don’t crush us when we walk on the path

Dear drivers….

Please control your emotional in the street

Because that makes us in dangerous

Dear drivers….

Please appreciate us as walker

 

Hasil gambar untuk motor nerobos trotoar