Artikel

10 Tips Cara Gaya Hidup Mengelola Stress

206 Views

Sepuluh Tips Cara Gaya Hidup Mengelola Stress – Stress adalah suatu pertahanan yang secara alami dilakukan oleh tubuh ketika sedang mengalami tekanan dan merasa terancam. hal tersebut akan memicu hormon yang ada dalam tubuh kita untuk menyiapkan suatu sistem untuk menghindar atau menghadapi suatu bahaya atau yang dikenal dengan fight or flight.

Ketika kita menghadapai suatu tantangan, salah satu bagian dari respon adalah fisik tubuh. karena tubuh akan mengaktifkan kemampuannya untuk melindungi badan kita dengan mempersiapkan untuk tetap tinggal dan berjuang atau melarikan diri secepat mungkin terhadap suatu masalah.

Jika kita mengalami suatu bahaya maka tubuh akan memproduksi senyawa kimia seperti kortisol, adrenalin, dan nonadrenalin. senyawa-senyawa tersebut akan memicu denyut jantung, kesiapan otot yang tinggi, berkeringat, dan kewaspadaan. Semua faktor-faktor ini meningkatkan kemampuan untuk menanggapi situasi yang berbahaya atau menantang.

mengelola stress

Sumber: www.theinnerhour.com

Semakin lama stress tidak diatasi maka banyak dampak negative yang akan mempengaruhi tubuh bahkan orang-orang disekitar kita. Untuk mengurangi dampak-dampak yang tidak diinginkan maka ada 10 tips pilihan gaya hidup untuk mengelola atau mencegah rasa stress yang berlebihan

10 tips pilihan gaya hidup untuk mengelola stress yang berlebihan

  1. Olahraga: Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa olahraga dapat memberikan manfaat untuk mental dan physical seseorang
  2. Mengurangi minuman alkolhol, obat-obatan, dan kafein: 3 jenis tersebut tidak akan menolong kamu untuk mengurangi stress tetapi akan mengakibatkan lebih parah. So, kurangin kebiasaan ini ya..
  3. Nutrisi makanan: keseimbangan makanan dengan hidangan buah-buahan dan sayuran akan membantu anda untuk mempertahankan sistem imun anda pada saat stress.
  4. Membuat prioritas: meluangkan sedikit waktu untuk mengatur daftar tugas kamu dan melihat apa yang paling penting yang harus lakukan. Kemudian fokus dengan apa yang harus anda selesaikan.
  5. Waktu: menyisihkan beberapa menit atau jam untuk kamu sendiri atau menggunakan waktu untuk mengatur hidup kamu seperti bersantai, dan mengejar minat kamu sendiri.
  6. Breathing dan relaxation: contohnya adalah bermeditasi, dipijat dan yoga. Teknik pernapasan dan rileksasi dapat memperlambat sistem dan membantu kamu untuk bersantai. selain itu juga teknik pernapasan meupakan bagian sentral dari meditasi kesadaran.
  7. Berbicara: berbicara ke keluarga, teman, teman kuliah, dan atasan atau dosen kamu tentang masalah dan kecemasan yang kamu alami. Cara tersebut akan menolong kamu untuk melepaskan atau mengurangi beban yang ada dipikiran. Setelah itu, kamu akan merasa lega atau setidaknya kamu telah mencurahkan isi pikiran kamu dan mendapatkan respon atau bahkan solusi dari teman kamu.
  8. Menyadari tanda-tanda stress: seseorang yang mengalami stress akan sangat khawatir dengan permasalahnnya yang menyebabkan mereka tidak memperhatikan efek pada tubuh mereka. Memperhatikan suatu gejala merupakan langkah pertama untuk mengambil tindakan. Bagi orang yang mengalami stress contohnya disebabkan oleh suatu pekerjaan yang terlalu berat mungkin kamu perlu berbicara kepada bos kamu apakah ada solusi seperti mengurangi pekerjaan kamu atau mengalihkan kamu pada kerjaan lain yang lebih ringan.
  9. Temukan cara untuk mengurangi perasaan stress kamu sendiri: Kebanyakan orang mempunyai sesuatu yang dapat mengurangi suatu tekanan atau yang dapat membuat kamu merasa santai contohnya seperti membaca buku, jalan-jalan, mendengarkan musik, atau menghabiskan waktu bersama teman-teman kamu atau dengan hewan peliharaan.
  10. Membangun jaringan pendukung: point ini mendorong orang untuk mengembangkan jaringan dukungan sosial misalnya berbicara dengan tetangga dan orang lain di komunitas lokal, bergabung dengan klub, amal, atau organisasi keagamaan. Kenapa point ini menjadi salah satu yang dapat mengendalikan stress? Karena berdasarkan pengalaman pribadi point ini akan memberikan suatu motivasi bahwa segala sesuatu itu ada solusinya dan suatu masalah yang datang bukan hanya kita saja tetapi orang lain juga bahkan mungkin ada beberapa orang yang mempunyai masalah lebih dari apa yang kita rasakan.

Sekian artikel mengenai tips-tips cara mengelola stress. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Terima kasih J

(Big thanks for Most of my reference https://www.medicalnewstoday.com)

You Might Also Like

Leave a Comment

Leave a Reply